Europe on Screen 2014

written by Rangga Adithia on April 24, 2014 in Features with no comments

Festival Film Eropa ke‐14, “Europe on Screen” (EOS) 2014, akan memutar 71 film dari 26 negara Eropa. EOS 2014 akan berlangsung dari tanggal 2 hingga 11 Mei 2014 di sembilan kota di Indonesia: Banda Aceh, Bandung, Denpasar, Jakarta, Makassar, Medan, Padang, Surabaya dan Yogyakarta. Semua film diputar gratis.

Dalam rangka Festival ini, Bapak Olof Skoog, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, mengatakan: “Film film ini tidak hanya ekspresi menakjubkan dari keragaman budaya kami tetapi juga cara yang ampuh untuk mengkomunikasikan ide‐ide lintas batas. Film‐film ini bukan merupakan hasil perhitungan pasar yang rumit dan tidak pula disertai dengan biaya promosi besar‐besaran. Tetapi seperti semua karya yangbagus, film‐film ini kemungkinan besar akan meninggalkan jejak yang tetap bertahan terus dan tidak sekedar diingat semalam saja. Sebagian dari film‐film ini akan menghibur ‐ lainnya akan memprovokasi”. Bapak Orlow Seunke, Direktur Festival EOS 2014 mengatakan: “Selamat menikmati film‐film serta festivalnya”.

Malam Pembukaan Festival akan menyajikan film “Philomena”, film Inggris tahun 2013 karya sutradara Stephen Frears yang memenangkan penghargaan BAFTA tahun 2014 untuk Best Adapted Screenplay dan mendapatkan empat nominasi penghargaan Oscar 2014 – termasuk Best Picture dan Best Actress. Malam Penutupan akan menyajikan film “The Shooter” (Skytten), film Denmark produksi tahun 2013 karya sutradara Annette K. Olesen.

Festival ini akan menyajikan pula tujuh film dalam segmen untuk anak‐anak, serta delapan film yang akan diputar dalam acara layar tancap. Program pemutaran film akan dilengkapi pula dengan kehadiran tamu istimewa, lokakarya, diskusi film dan pemutaran 10 film karya finalis Lomba Film Pendek EOS Ke‐4. “Film Terbaik” dalam kompetisi ini, pilihan juri internasional, akan diumumkan pada Malam Penutupan.

Festival Film Eropa merupakan inisiatif bersama dari para kedutaan besar dan pusat kebudayaan Eropa di Indonesia. Festival ini diselenggarakan di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1990, kemudian yang kedua pada tahun 1999. Sejak 2003, Festival ini mulai diselenggarakan setiap tahunnya di bawah slogan “Europe on Screen”.

Untuk info selengkapnya tentang film-film apa saja yang akan diputar, jadwal pemutaran dan booklet, silahkan kunjungi: http://europeonscreen.org

Trailer Europe on Screen 2014

Thanks! Silahkan baca review/artikel lainnya:

15 Film Indonesia Te...
20 Film Indonesia Wa...
20 Film Indonesia Wa...
Tujuh Film Horor Fav...