Bandung Berisik MMXIII: Versus The World

written by Rangga Adithia on April 12, 2013 in Concert Report with no comments

Setelah pergelaran tahun 2012, BANDUNG BERISIK mencapai banyak titik kesadaran baru dalam memaknai dinamika Kota Bandung serta pergaulan di ranah musik global. Internasionalisme yang dibangun sudah mulai menunjukkan abstraksinya dan dengan pemantapan segala organ pendukung ranah, proses ini semakin menuju titik kongkrit. Satu manifestasi yang sudah terbangun adalah upaya meretas jalur sendiri di ranah industri musik besar. Menurut Yayat Ahdiyat pengagas BANDUNG BERISIK event ini pertama kali digelar pada 1995, dengan konsep awal membuat sebuah konser yang bagus dan direkam secara live untuk kemudian dibuatkan album. Saat itu, kita masih sangat muda, jadi butuh ruang lingkup untuk bertemu dan berkumpul sesama komunitas musik metal, bergairah serta ingin punya sesuatu yang dilihat orang. Kami baca literatur-literatur dari luar, ternyata di luar ada festival musik metal, nah kami terinspirasi dari situ untuk membuat Bandung Berisik.

Kimung salah satu musisi Ujungberung Rebels yang juga aktif sebagai pengajar menuturkan, untuk membangun sebuah ranah musik yang besar dan maju diperlukan sebuah sikap terbuka terhadap segala keragaman yang ada. Pergaulan jejaring Ujungberung Rebels yang semakin luas dan terjalin baik dengan berbagai kelompok masyarakat dari komunitas, aparat pemerintah, hingga kelompok bisnis dan industri memacu kesadaran untuk bergerak dalam semangat yang lebih terbuka, inklusif, dan integratif. Keterbukaan pikiran mau pun langkah untuk bekerja dalam satu sistem umum bersama ranah-ranah ekonomi besar membawa BANDUNG BERISIK kepada kesadaran ekstrim dalam berkolaborasi‚ÄĒsatu proses di mana tak hanya keterbukaan kehidupan ideologi, sosial dan budaya yang terbangun, namun juga pemahaman ekonomi dan politik. Di titik ini BANDUNG BERISIK menemukan jalannya yang besar di mana ia semakin akrab bersentuhan dengan masyarakat yang lebih luas, bergaul dalam keragaman melalui atmosfer padu yang diciptakan bersama-sama. Ia juga kini semakin mantap mengorganisir diri, menata berbagai program pengembangan diri agar semakin iklas rendah hati dalam menjalankannya.

Upaya memperkukuh silaturahmi dengan bekerja sama dengan beragam komunitas di luar musik metal ini untuk membangun kesadaran bahwa BANDUNG BERISIK kini sudah bukan lagi hanya milik Ujungberung Rebels atau ranah musik metal belaka, namun juga milik bersama, warga Bandung, Indonesia, dan dunia. Untuk itu, selain bergerak di ranah pergaulan musik besar, BANDUNG BERISIK juga menjalin kerja sama dengan ranah gerakan lingkungan hidup, lembaga-lembaga pelatihan profesional pembangun tim pergelaran yang berkualitas, aparat pemerintah, serta kelompok-kelompok lain yang selama ini sudah secara intens bekerja sama dengan Ujungberung Rebels. Event BANDUNG BERISIK pada akhirnya mampu membuat sebuah gaya hidup bagi anak muda, bayangkan saja event ini tidak saja menampilkan musik keras tapi juga menampilkan unsur lain yang bersentuhan dengan nilai-nilai kearifan budaya lokal, nilai-nilai kreatifitas yang juga merupakan tanggung jawab anak-anak muda dan semangat inilah yang diusung oleh ATAP PROMOTIONS sebagai event organiser BANDUNG BERISIK tahun 2013.

Foto oleh: Tebby Wibowo | http://anathalyst.wordpress.com

Giovitano dari ATAP PROMOTIONS mengungkapkan, akan ada 12 band yang dijadwalkan tampil di panggung besar BANDUNG BERISIK tahun 2013 diantaranya Jasad, Burgerkill, Seringai, Jeruji, Rocket Rockers, Outright, Siksa Kubur, Noxa, Extreme Decay, Devadata, A.L.I.C.E serta Revenge The Fate. Belum lagi suguhan di sebuah panggung yang dinamakan Rebel Stage yang akan menampilkan Kaluman, Infamy, Komplete Kontrol, Auman, Insulin Coma, serta Kill The King untuk tampil. DJARUM SUPER yang selama ini selalu berkolaborasi dengan BANDUNG BERISIK tahun ini bukan hanya mendukung secara on-ground, tapi di media sosial melalui account twitternya di @SuperMusic_ID dimana kita bisa cari tahu berbagai informasi tentang BANDUNG BERISIK termasuk live tweet dan aktivitas pendukung lainnya seperti kuis serta lomba live foto yang akan berhadiah berbagai macam merchandise BANDUNG BERISIK.

Bukan tanpa alasan DJARUM SUPER menjadi mitra BANDUNG BERISIK, sebagai sebuah acara yang berbasiskan komunitas, BANDUNG BERISIK merupakan wujud perkembangan realisasi pergerakan pelaku musik subkultur yang menjadi barometer bagi komunitas di Indonesia dan dunia. Dalam kapasitasnya DJARUM SUPER ingin memberikan yang terbaik bagi pecinta musik ini demi kepuasan penonton. Oleh karenanya beberapa kegiatan pra-event dirancang tidak sekedar biasa, audisi band yang biasanya dilaksanakan kali ini dikelola dalam sebuah pra-event yang kami namakan Battle of Rebelions. Band-band yang berhasil Claim The Stage dalam Battle of The Rebelions adalah Melody Maker, The Easigers, Freak, Dead Carnations, serta Munchos Libre dan berhak untuk tampil di Rebel Stage. Semakin menyenangkan kini hidup di ranah ini ketika semua pintu sudah terbuka, setiap sudut siap dijelajahi, dan dunia menyambut segenap derap. Dan setelah itu, satu-satunya dunia yang harus dilawan kemudian adalah diri sendiri (keterbatasan yang mengungkung, dogma dan segala keterutupan, sejarah yang mencong-mencong) agar hasrat terus menyala menghajar jalanan mengejar ketakterhinggaan, melampaui dunia.