LoveTherapy: 10 Film Pendek Rasa Cinta

written by Rangga Adithia on December 17, 2012 in CinemaTherapy and Features and Romance with 11 comments

“Jangan horor terus dong, Mas”, duile… saya dipanggil Mas, jadi ceritanya nih ada yang rikues untuk nga horor-horor-an terus, emang sih semenjak saya posting 10 film horor pendek di bulan Oktober lalu, saya jadi ketagihan untuk berbagi film-film pendek menakutkan, dengan tagar “HorrorTherapy” di linimasa twitter nah sampai sekarang. Biar nga bosan, terus emang karena ada beberapa orang yang rikues dan saya sendiri sedang… senang karena si dia. Akhirnya mulai saya iseng mencari-cari film pendek non-horor, ketemulah banyak film bertema cinta, tentu saya tonton satu-persatu dan setelah dikurasi (sok keren) yang bagus saya bagi-bagi di twitter dengan tagar “LoveTherapy”. Kalau udah urusan sayang-sayangan sebenarnya saya paling malas, sekaligus paling “bawel”, dulu nge-blog pertama kali juga awalnya karena mao curhat, jadilah punya blog raditherapy yang isinya sebagian besar puisi cinta dan luapan rasa hati, yang ditumpahkan dalam bentuk kata-kata norak nan alay, kalau kata anak sekarang bilang. Ha-ha-ha-ha sebelum saya lebih lanjut mempermalukan diri sendiri, lebih baik langsung tonton film-film dibawah, ingat yah untuk meng-klik gambar untuk nonton. Mari rayakan cinta dan selamat menonton, I love you, now and forever (gombal).

1. SIGNS

Tahu film ini sebetulnya sudah lama, eh waktu nonton “Frankenweenie”, ada film animasi yang ceritanya hampir mirip-mirip dengan “Signs”, jadilah ingin nonton lagi film pendek asal Australia ini, lanjut dengan membaginya di twitter. Jangan pernah nyerah sebelum cinta kasih “tanda” dan bilang “yah kamu lulus”.

2. LOVE SICK

“Love Sick” emang dikemas lucu, tapi mewakili sekali momen ketika cinta sedang tidak dalam kondisi yang mengenakkan, saat kita sadar jika cinta juga ternyata bisa melukai. Tapi patah hati bukan akhir dari segalanya, tak perlu mencari-cari buku berisi tips move-on dari A sampai Z, karena sebenarnya kita hanya cukup mencari satu, yaitu untuk ikhlas. Boleh galau, tapi jangan lama-lama.

3. LAVATORY, LOVESTORY

Satu-satunya film animasi yang saya sharing di postingan ini, sebetulnya banyak film animasi bertema romansa yang bertebaran di youtube, tapi film yang juga pernah dinominasikan di Oscar ini, adalah yang paling berkesan bagi saya. Ketika cinta menghampiri tanpa pernah kita sangka-sangka, rasanya ya lebih berbunga dari taman bunga sekalipun, ha-ha-ha lebay deh.

4. I’M HERE

Spike Jonze (Adaptation, 2002) benar-benar sedang ngehe di film pendeknya ini, “I’m Here” sukses mengiris-ngiris hati. Film tentang cinta dua orang robot yang menggambarkan ketika kita sedang jatuh cinta, memang benar sih kita akan rela untuk melakukan apapun… yah apapun. Spike Jonze, sialan!

5. POST-IT LOVE

Mau tahu dari mana datangnya cinta? dari mata lewat post-it baru deh berhenti di hati. Digambarkan dengan sederhana, “Post-It Love” tahu cinta juga terkadang dimulai sesederhana saling pandang, duh mata ketemu mata itu rasanya aja udah bahagia banget, apalagi direspon dengan kata, berjuta rasanya kalau kata lagu. Well, serius sayangin orang yang sekarang ada disebelah lo, berikan yang terbaik buat dia, karena lo nga akan pernah tahu kapan cinta juga akan pergi meninggalkan kita.

6. THE CRUSH

Waduh “The Crush” kayanya mau membuat orang-orang yang menonton punya pipi merah tiba-tiba. Ayo ngaku siapa yang sewaktu sekolah dulu pernah naksir sama gurunya?! saya pernah nga yah?? (nga mau ngaku). Dimainkan dengan apik oleh Oran Creagh, yang ceritanya suka dengan gurunya disekolah sampai-sampai memberikan sebuah cincin tanda cintanya, “The Crush” benar-benar membuat hati ini nostalgia, cinta ternyata tak mengenal usia, siapa saja bisa jatuh cinta.

7. THE DESK

Cinta terkadang menghampiri dengan cara yang tidak terbayangkan, “The Desk”, menceritakan seorang cowok yang berkenalan dengan seorang cewek misterius lewat sebuah meja di sekolah. Saling berbalas sapaan dengan menuliskannya di meja tersebut, aneh, tapi itulah cinta, kadang juga emang…aneh.

8. APRICOT

Masih ingat dengan cinta pertama lo? atau masih ingat sama yang namanya hmm ciuman pertama? “Apricot” tidak saja menjelaskan makna hati tidak pernah lupa, tapi juga melukiskannya dengan indah, film ini dikemas dengan cantik, visualnya memanjakan mata dan hati. Cinta itu indah… katanya.

9. PAPER OR PLASTIC

Mungkin ada suruhan untuk berhenti memakai plastik di film ini dan lebih baik gunakan kertas atau bungkus yang lebih ramah lingkungan, atau mungkin saya hanya sedang ngaco. “Paper or Plastic” dikemas menyenangkan, ingin bilang jika cinta bisa datang ke siapa saja, tak peduli jika kamu kemana-kemana menutupi kepala dengan bungkusan kertas yang bagian wajahnya digambar sesuai dengan mood, tak perlu mencari dan tiba-tiba cinta menghampiri.

10. IS THIS LOVE

Ah yang terakhir ini bagi kalian yang suka sama film romansa-unyu ala Thailand, bagi mereka yang suka menghindar atau tidak peduli, padahal cinta ada didekat mereka dan malah mencari-cari orang lain yang jelas dihiraukan oleh hati. Serius sekali-sekali dengarkan apa yang dibisikkan hati, sebelum nanti malah menyesal karena pernah menghiraukan hati. Ah sudahlah, biasanya kalau sudah ngomong soal cinta, saya pun ujung-ujungnya curhat, ha-ha-ha!! jadi lebih baik saya ngacir sekarang, sebelum mulai nulis yang tidak-tidak. Enjoy!

Thanks! Silahkan baca review/artikel lainnya:

Review - Juara (2016...
Review - Don't Breat...
Review - Lukisan Ber...
Review - Headshot