10 Poster Film Indonesia Terbaik di 2012 (Bagian 1)

written by Rangga Adithia on December 27, 2012 in CinemaTherapy and Features and Film Indonesia with one Comment

Duh, kayanya serasa baru kemarin saya mengumumkan “Poster Film Indonesia Terbaik tahun 2011” versi blog ini, tanpa disadari ternyata sudah mau menjelang akhir tahun lagi, waktu begitu cepat berlalu. Beruntung kiamat juga “diundur”, jadi saya bisa kembali mengurutkan daftar poster film Indonesia terbaik, seperti yang sudah-sudah akan ada 10 poster yang “selamat” masuk ke dalam daftar. Ya, dari sekitar 80-an poster (jika saya tidak salah hitung, matematikanya berapa sih dulu di sekolah?), akhirnya tersaring 23 poster yang menurut saya layak menjadi kandidat untuk 10 yang terbaik. Senang juga melihat banyak film Indonesia yang posternya dibuat dengan niat, tidak asal buat dan hasilnya menarik untuk dilihat yang akhirnya bikin penasaran untuk nonton. Walaupun diantara poster-poster yang beneran poster film itu, masih ada saja poster-poster nga karuan yang asal jadi, sama seperti filmnya yang tanpa otak, posternya pun tak punya otak. Sudah ah, tak ada habisnya kalau ngomongin film-film golongan “sesat”. Tanpa banyak basa-basi lagi, inilah 10 Poster Film Indonesia Terbaik tahun 2012 versi raditherapy, apa poster favorit kamu?

10. Rumah Kentang/ Tali Pocong Perawan 2

Poster film horor harus masuk daftar! Ugh, untungnya tahun ini masih ada film horor yang posternya dibuat bener, di urutan 10 ini ada “Rumah Kentang” dan… iya tidak salah lihat itu poster “Tali Pocong Perawan 2”, dua dari sekian poster film horor yang sukses membuat mata terpaku dan akhirnya memutuskan untuk menonton filmnya. “Rumah Kentang”, walau tidak seseram yang saya bayangkan, filmnya berakhir biasa saja—tapi saya akui punya poster yang menarik, oh iya poster resmi yang dipajang di bioskop cukup mewakili kengerian yang akan film ini sodorkan, tapi saya lebih tertarik dengan poster teaser-nya yang bisa dilihat dibawah. Menurut saya idenya keren aja, simple dan tentunya bikin penasaran, walau terkesan kaya bukan film horor. Sama seperti poster bioskopnya, tipografi untuk judulnya pun asyik, jarang sekali film Indonesia yang posternya punya judul yang disusun menarik. Sesederhana itu juga, “Tali Pocong Perawan 2” memamerkan posternya, tidak banyak aksesoris hantu yang ditempel dimana-mana. Walau agak sedikit “terinspirasi” dari poster “Drag Me To Hell” dipadukan dengan “The Haunting in Connecticut”, tapi poster ini punya gayanya sendiri, sangat lokal dan cukup mengerikan! Dengan poster yang sebenarnya mumpuni, judulnya memang terkesan ini film horor “sampah”, tapi kalau belum nonton sendiri, tidak menyangka kalau film ini beneran seram, dan pocong diangkat lagi harkat dan martabatnya agar pantas untuk ditakuti.

09. Langit Ke-7

Poster dari film Rudi Soedjarwo, waktu pertama kali melihat poster Langit Ke-7, kalau tidak salah ingat sih ada yang majang di twitter, kesannya sih biasa saja. Tapi seperti filmnya yang awalnya terkesan biasa—baru setelah menginjakkan kaki di paruh kedua, film ini terasa menariknya. Posternya pun begitu, setelah saya lihat lagi baru terasa magical-nya. Warna posternya asyik dengan tone yang menyolok mata dari jauh, menarik mata untuk mendekat dan akhirnya membeli tiket. Mumpung pemainnya tidak terkenal, poster ini pun leluasa untuk bermain-main dengan efek, menarik! Wajah pemain prianya tampak sengaja disamarkan oleh sebercak sinar, mungkin untuk menghindari spoiler jika melihat posisinya dengan sang pemain wanita, atau karena memang dia kurang ganteng hahahaha. Sedangkan pemain wanitanya pun, walau memperlihatkan wajah, tapi jelas tidak masuk hitungan yang sedang dijual film ini, dengan bagian tubuh yang dipoles oleh efek seakan lama-lama menghilang dan hancur menjadi debu. Dari poster tersebut yang “Langit ke-7” jual sudah pasti keromantisan dan percintaan, bukan wajah-wajah pemainnya yang justru dibuat tidak jelas, bukan juga persahabatan, bukan juga pohon, jelas-jelas keduanya diberi porsi kecil di poster. Tapi seperti juga trailernya, posternya sebetulnya agak menipu penonton, yang sudah menonton pasti tahu maksud saya hehehe.

08. Sanubari Jakarta

Salah-satu film omnibus terbaik tahun ini, dengan kisah-kisah yang menarik, dan demikian juga dengan poster filmnya. Terkesan sederhana tapi begitu menyita perhatian dari pertama kali melihat. Designnya minimalis, hampir tak tersentuh apa maksudnya poster ini, sampai akhirnya kita mendekat dan melihat highlight yang diberi warna berbeda, diantara bentuk karakter yang mewakili cowok dan cewek berwarna putih. Yah simple tapi nyampe ide dan maksudnya tepat sasaran menunjukkan apa yang nantinya akan ditunjukkan oleh per-segmen di omnibus “Sanubari Jakarta” ini. Tanpa memamerkan satupun wajah siapa yang bermain di film ini, memang bisa jadi bumerang, karena kebanyakan kan penonton kita itu masih menonton film dengan melihat siapa yang main. “Sanubari Jakarta” seperti berontak dari rutinitas poster film lokal, ceritalah yang menjadi penting, emang ceritanya tentang apa sih? …coba aja lihat posternya baik-baik. Saya suka poster yang minimalis, jarang-jarang film Indonesia berani buat poster seperti ini, jadi saya berikan jempol untuk poster “Sanubari Jakarta” yang asyik.

07. Perahu Kertas 1 dan 2

Poster “Perahu Kertas” sebetulnya bisa dibilang poster gw banget, design poster yang asyik dan ada awan-awannya (itu yang gw banget-nya). Cantik dan benar-benar sedap dipandang dan langsung kepingin nonton. Alasan secuil itu sudah cukup sebagai alasan film yang diadaptasi dari novel berjudul sama ini bisa ada di posisi ke-7 di daftar poster terbaik. Walaupun jujur saya kurang menyukai sih sama filmnya, mungkin karena “dipaksa” dibagi menjadi dua bagian, “Perahu Kertas” agak dipanjang-panjangkan dan akhirnya membosankan-lah di beberapa bagian ceritanya, terlebih di film pertama. Tapi saya tetap suka posternya, unyu kalau ABG sekarang bilang. Permainan warnanya juga asyik, bikin enak dilihat. Para pemainnya diposisikan berada di dalam perahu yang terbuat dari kertas, yup perahu yang akan membawa mereka dalam aliran takdir.

06. Cita-Citaku Setinggi Tanah

Ah, akhirnya sampai ke posisi ke-6, poster dari salah-satu film Indonesia terbaik tahun ini. Sebuah poster yang tidak banyak warna dan begitu sederhana, hanya menampilkan ilustrasi anak-anak yang sedang bermain sepeda, empat sekawan yang menjadi bintang utama di “Cita-Citaku Setinggi Tanah”. Design poster yang dipilih bukan tanpa alasan, tapi cukup mewakili apa yang disajikan dalam cerita, dikisahkan dengan sederhana, ketika sebuah impian kadang tidak perlu tinggi-tinggi tapi yang penting bagaimana cara mewujudkannya. Lagi-lagi poster yang menurut saya unik, poster minimalis yang lantang berbicara soal kesederhanaan. Lucunya waktu pertama kali melihat promo film ini dalam bentuk billboard, saya tak mengira kalau ini sebuah film, karena biasanya poster film anak-anak selalu rame dengan macam-macam, kadang berlebihan dan malah tidak membuat saya tertarik menonton. Tapi poster film ini beda, sekali lagi kesederhanaannya sudah sukses membuat saya melangkah untuk membeli tiketnya.

BAGIAN KEDUA (POSISI 5-1)

Thanks! Silahkan baca review/artikel lainnya:

Review - A Copy of M...
Review - Ghost Diary...
Review - Indonesia K...
Review - Lukisan Ber...