10 Poster Film Indonesia Terbaik di 2011 (Bagian 2)

written by Rangga Adithia on December 29, 2011 in CinemaTherapy and Features and Film Indonesia with one Comment

Poster Film Indonesia Terbaik

Sebelumnya di bagian pertama, saya mengakhiri daftar saya di nomor 6 ditempati oleh poster “Tanda Tanya”, tidak perlu banyak basa-basi lagi, berikut adalah poster terbaik di posisi kelima sampai pertama, enjoy! (ketahuan banget lagi males nulis).

Special Mention: Arisan! 2, Fisfic Vol 1, Meal Time, Pupus, Langit Biru, 5 Elang.

05. Garuda di Dadaku 2: Well, poster resmi yang dipajang di bioskop-bioskop juga bagus, tapi saya lebih memilih poster teaser yang satu ini. Begitu simple menggambarkan film ini secara keseluruhan, tentang Bayu si kapten bernomor sepuluh. Logo untuk judul juga dipertahankan dari film pertama, jarang-jarang poster film Indonesia yang niat bikin judulnya tidak hanya tulisan dengan font seadanya, tapi dibuat seunik mungkin. Poster ini memang terkesan agak kelam, beda dengan poster film pertama yang lebih cerah, lihat saja awannya terlihat mendung, yah sekali lagi pas mewakili filmnya. Perjalanan Bayu menuju dewasa dan mempertahankan mimpinya memang tidak selamanya “cerah”.

Poster Garuda di Dadaku 2

04. Jenglot Pantai Selatan: Saya sedang tidak bercanda dengan memasukkan poster ini ke daftar poster terbaik, urutan ke empat pula. Satu-satunya poster yang rilis tahun ini dan saya berani bilang “seksi”, bukan karena disana terpajang besar-besar seorang perempuan mandi dan ketek-nya kemana-mana (untung tidak berbulu ya), tapi poster ini punya kesan jadul ala film-film horor ekspoitasi di tahun 80an. Warnanya mencolok mata, design pada judulnya juga norak, ada tangan jenglot yang epik, dan ditambah tagline-nya yang juara. “Pantai tempat liburan, berubah jadi kuburan!”, idiot sih tapi tidak seidiot orang-orang yang bikin tagline di film-filmnya KKD, sayang filmnya sendiri tidak se-epik posternya.

Poster Jenglot

03. Euphoria: Poster yang asyik! Sebentuk wayang yang berisi kolase foto-foto karakter dan adegan yang dikomposisikan dengan baik, memancarkan mood yang pas ketika saya melihat poster ini. Jarang sekali poster film kita dibuat seperti ini, kebanyakan hanya foto adegan yang ditumpuk tak karuan atau memajang wajah pemainnya berjejer, semua ingin terlihat dan hasilnya justru jelek. Poster yang satu ini tidak muluk-muluk, idenya begitu simple, pernah dilakukan pembuat poster lain tapi masih berusaha untuk original. Kreatif dan poster yang pasti bikin penasaran untuk nonton filmnya.

Poster Euphoria

02. Sang Penari: Poster yang indah! Jika ada ungkapan dunia serasa milik berdua ketika ada dua pasang manusia yang sedang jatuh cinta, disini, poster serasa milik berdua saja, bukan begitu Rasus dan Srintil. Bahkan penari ronggeng terpaksa dibuat seimut mungkin, hampir tidak terlihat, seperti memberi ruang lebih besar kepada dua pemeran utama film ini, toh filmnya pun sebetulnya bukan hanya berkisah tentang ronggeng, tapi fokus pada kisah cinta Rasus dan Srintil yang dikemas dengan sangat-sangat indah seperti juga pada posternya. Poster yang romantis dengan warna yang sangat lembut.

Poster Sang Penari

01. THE RAID: “1 Ruthless Crime Lord, 20 Elite Cops, 30 Floors of Hell”, salah-satu film terbaik yang saya tonton di 2011, dengan poster yang badass dan tagline yang bikin mulut ini tak bisa diam terus saja menyumpah-serapah. Kok Iko membelakangi orang-orang, yah karena yang akan dihadapin adalah gedung dengan tulisan judul besar-besar itu, pas dengan apa yang akan kita saksikkan di filmnya. Kalau mau lihat Iko tampak dari depan bisa tengok teaser poster-nya atau poster karakternya yang lengkap memamerkan semua karakter penting di film ini. Penasaran nih, apakah “The Raid” akan merilis poster baru lagi mendekati tanggal rilisnya nanti di Indonesia?

Poster The Raid

Thanks! Silahkan baca review/artikel lainnya:

15 Film Indonesia Te...
Review - Train to Bu...
Review - Under the S...
Review - Headshot (2...