10 Poster Film Indonesia Terbaik di 2011 (Bagian 1)

written by Rangga Adithia on December 28, 2011 in CinemaTherapy and Features and Film Indonesia with 2 comments

10 Poster Film Indonesia Terbaik

Kalau saya tidak salah hitung nih, tahun ini Film Indonesia sukses menelurkan lebih dari 90 film, dengan variasi genre, tapi kita semua tahu kebanyakan masih didominasi horor, saya bisa melihatnya ketika sedang menyaring poster-poster film mana saja yang pantas masuk ke daftar ini. Diantara poster-poster pilihan tersebut, poster horor memang paling mendominasi dengan berbagai judul terbelakang. Ngomongin filmnya nanti saja, kali ini saya mau mengajak kalian melihat poster-poster film Indonesia mana saja yang berhasil menyedot perhatian, bisa dibilang poster terbaik. Poster yang ketika pertama kali dirilis langsung membuat saya “cinta pada pandangan pertama”, bikin level penasaran dengan isi filmnya jadi menanjak naik, yah atau sekedar bilang “posternya keren”.

Walau pada akhirnya ada film yang punya poster yahud tapi cerita memuakkan, setidaknya ada niat untuk membuat posternya jadi menonjol, tidak sekedar “menonjol”, tapi ada nilai artistik (setidaknya menurut saya). Sayangnya kebanyakan film Indonesia yang rilis tahun ini masih enggan untuk melirik kalau poster itu penting!!, ini malah berlomba bikin poster paling asal-asalan, kalau filmnya busuk sih saya tidak peduli, tapi kadang ada film bagus yang tidak dilirik karena posternya “murahan”, kasihan kan. Oke, saya tidak akan panjang lebar lagi, sebagai pemanasan sebelum saya mengumumkan daftar film Indonesia terbaik tahun ini, nikmati dulu poster-poster terbaik pilihan saya.

10. Badai di Ujung Negeri: Jarang nih poster film Indonesia yang dikemas ala komik, langsung suka pas pertama kali lihat posternya di-tweet oleh akun twitter film ini. Walau kalau dilihat lebih jeli lagi poster ini masih kurang rapih sih, ah tapi saya sudah terlanjur suka, biarlah kekurangan itu, karena sudah ditutupi oleh niat baik untuk menampilkan poster yang kreatif, warnanya juga enak dilihat, manis juga karena ada wajah salah-satu aktrisnya, Astrid Tiar. Filmnya juga lumayan seru, mau lihat seorang Jojon bertampang sangar? yah di film ini, tidak ada lucu-lucunya komedian yang punya kumis khas ini.

09. Batas: “antara keinginan dan kenyataan”, sebuah tagline singkat yang menyempil diantara judul dan beberapa gambar adegan di film ini. Melihat poster ini, yang pertama kali dirasakan adalah nyaman, “adem” dari tone yang membalutnya. Poster yang boleh dibilang mewakili apa yang nantinya kita tonton, penataan gambarnya pun pas, dengan wajah pemeran utama, Marcella Zalianty mendominasi di tengah. Poster yang sanggup menyampaikan perasaannya sebelum kita memasuki film yang sebenarnya. Cantik.

08. Poconggg Juga Pocong (PJP The Movie): Duh, pertama kali melihat poster ini, apa yang terlintas di pikiran tuh kepingin sekali manjat genteng dan nemenin si pocong, yang saya juga tidak tahu lagi apa di atas sana sambil memandang bulan. Dari sekian banyak poster yang menampilkan pocong, hanya poster ini yang tidak bikin saya muntah-muntah dan kenapa harus ada kucing pula disana. Pokoknya poster yang unik, cukup mewakili isi cerita yang nantinya berkisah tentang hantu yang terbungkus oleh kegalauan.

07. The Perfect House: Poster yang kreatif! pemakaian ambigram pada judulnya makin melengkapi misteri yang membalut poster ini. Belum lagi dua sisi gambarnya yang saling bertolak belakang, satu sisi “normal”, sisi lain dibuat kelam dengan banyak darah, tentu saja pikiran kita langsung dibawa kemana-kemana, menebak-nebak seperti apa filmnya, dan membayangkan akan banyak kejutan nantinya. Posternya pintar menyimpan misteri, membuat si calon penonton diselimuti rasa penasaran akut.

06. Tanda Tanya: Poster yang simple tapi sangat berani, wajah-wajah pemainnya terlihat begitu kecil bersembunyi dalam simbol tanda tanya berwarna merah. Sebuah tagline pun menyembul dengan lantang berkata “masih pentingkah kita berbeda?”, yang pasti poster film ini sudah berbeda sendiri dari kebanyakan poster film Indonesia. Permainan kolase yang menarik sampai-sampai saya lupa apa sebenarnya judul film ini? belum apa-apa film ini sudah mengumpulkan banyak pertanyaan lewat posternya, mengukir tanda tanya besar di benak masing-masing orang yang melihat poster ini.

Klik –> Bagian 2

Thanks! Silahkan baca review/artikel lainnya:

Review - Juara (2016...
Review - Indonesia K...
Review - Munafik (20...
Review - Telaga Angk...