Urahorror (10 Scary Short Films by Koji Shiraishi and Yohei Fukuda)

written by Rangga Adithia on January 19, 2011 in Asian Film and CinemaTherapy and Features and Horror with 19 comments

Ketika adrenalin ini lelah dan bulu kuduk ini bosan, melihat sinema horor tanah air yang kebanyakan makin terbuai dengan ‘keistimewaannya’ lemah dalam menakuti, basi dalam kemasan seramnya, dan kian terlihat memalukan—bisa dihitung dengan jari film-film yang sukses bikin gw mimpi buruk dan bukan muntah. Gw sekali lagi beralih mencari kenikmatan horor segar yang lagi-lagi gw dapetin dari negeri yang memang terkenal akan sensasi film horornya yang mengerikan, Jepang. Thanks to @ivanPDemon yang beberapa hari lalu sempat menunjukkan gw sebuah film pendek berjudul “The Stalker”, karena dari video yang gw tonton secara online ini, akhirnya gw menemukan jika film ini adalah satu dari 10 film pendek yang kesemuanya bertema “WTF”. Siapa orang dibalik horor simple, minimalis, yang direkam dengan gaya mokumenter ini? mereka adalah Koji Shiraishi dan Yohei Fukuda. Klo ada yang masih inget sama film horor berbau dokumenter hoax yang berjudul “Noroi”, Koji-lah sutradaranya, sedangkan Yohei sebelumnya terlibat sebagai sutradara “Death Tube”. Ah Noroi, suka sekali film itu…

Ok, jadi apa sih sebenarnya “Urahorror” itu? yah ini adalah paket kenikmatan, terdiri dari 9 film pendek yang dikemas dengan gaya dokumenter, iya tentu saja dokumenter palsu namun diusahakan terlihat asli, percayalah memang sangat terlihat asli huehuehuehue. Tidak semua dari 10 film pendek ini bertema horor (atau ada setan-setanan didalamnya) contohnya “The Stalker”, yang lebih condong ke thriller, yah tapi tetep saja horor, melihat seseorang maniak seks yang ‘iseng’ ngumpet di kolong tempat tidur, sakit! #banget. Karena kurangnya info yang gw dapet—awalnya gw juga hanya dapat 6 film, beruntung berhasil menemukan sisa film lainnya, ada beberapa film yang gw nga tahu judulnya karena dituliskan dalam bahasa Jepang, jadi nekat aja diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris lewat bantuan google translate (memalukan), jika ada yang ngerti bahasa Jepang, mohon bantuannya. Jadi jika judulnya agak konyol, maafkan saya, nikmati saja filmnya. Oh iya sayangnya lagi, ada beberapa film yang tidak ada subtitle-nya, gw aja harus meraba-raba apa maksudnya, tapi tenang 6 film lainnya yang diambil dari channel youtube milik montecristo73, sudah dilengkapi dengan text berbahasa Inggris, thanks to montecristo. Penasaran seperti apa film buatan tahun 2008 ini, silahkan cek klo berani.

The Stalker

Film ini benar-benar membuat gw merasa seperti ‘pengintip’, karena sudut pandangnya dibuat seolah-olah dari kamera-kamera tersembunyi yang diletakkan oleh seorang maniak seks. Awalnya sih biasa aja, kamera memperlihatkan aktivitas si empunya kamar, yakni gadis muda dengan segala aktivitasnya, termasuk melepas pakaian, tetapi film makin ehm ‘yahud’ aja ketika si ‘pengintip’ pada akhirnya ikut masuk kedalam filmnya, yang artinya dia masuk ke kamar tersebut dan bersembunyi menunggu si gadis muda, damn!

filmnya bisa dilihat disini

Toshio

Eh judulnya mengingatkan sesuatu, yup ‘Toshio’ dari film horor “Juon”. Film ini akan menceritakan tentang acara reality show misteri yang dipandu Maria Takaki, yang akan mengungkap hantu yang mirip Toshio dari film horor Juon tersebut. Lucunya Takashi Shimizu asli diundang untuk ikut ke sebuah gedung yang katanya berhantu, plus dia nanti iseng nakut-nakutin pembawa acaranya, kocak…tapi berubah menyeramkan.

filmnya bisa dilihat disini

The Cursed Wayside Shrine

Masih bertema reality show misteri tapi berbeda acara, kali ini sebuah stasiun televisi ingin mencoba mengungkap sebuah kutukan dari kuil yang katanya jika kita tahu nama kuilnya maka kita akan dikutuk. Salah-satu gadis muda dijadikan tumbal, dari awal saja sudah ada kejadian tidak menyenangkan, eh malah lanjut… sekilas ingetin sama apa yang terjadi di film Noroi, ketika bagian acara reality show di sebuah kuil.

filmnya bisa dilihat disini

Out of Body Experience

Beberapa ilmuwan sedang melakukan eksperimen untuk melihat seperti apa sih bentuk arwah yang keluar dari tubuh manusia ketika seseorang baru saja mati. Ilmuwan-ilmuwan gila ini lalu berkumpul dibalik kaca dan melihat apa yang terjadi dengan seorang wanita yang ada didalam ruangan, perlahan-lahan sesuatu pun menampakkan dirinya.

filmnya bisa dilihat disini

The Woman Who Jumped Off

Sebuah jembatan dinyatakan angker karena sering dijadikan tempat orang bunuh diri, lalu seseorang yang kayanya iseng mulai merekam beberapa kejadian orang bunuh diri, orang ini juga menemukan tanda-tanda aneh di sekitar jembatan tersebut, lebih iseng lagi pas dia menanyakan salah-satu orang yang mau bunuh diri… ada apa dengan jembatan ini?

filmnya bisa dilihat disini

Psychic Photography

Seorang yang bekerja di stasiun televisi menemukan video yang memperlihatkan seorang pria yang mampu mentrasfer apa yang ada dipikirannya ke dalam medium kamera jenis polaroid, gambar-gambar foto pun mulai mengungkap klo foto tersebut tidak mungkin diambil pada saat itu, karena mereka berada di dalam ruangan. Kejadian aneh pun mulai terjadi ketika pria tersebut mempotret orang lain.

filmnya bisa dilihat disini

Spoon Bending Illusions

Wakakaka ini yang gw bilang diawal yang gw nga tahu apa judulnya jadi diterjemahkan seadanya saja, dan mulai film ini sampai 3 film selanjutnya tidak ada text bahasa Inggris, tapi tetap tidak mengganggu kejutannya walau emang tidak ngerti apa yang diomongin. Yang satu ini menceritakan sebuah peragaan sulap di sekolah, awalnya mengasyikkan, ada orang yang bisa membuat sendok bengkok (biasa aja sih) tapi…

filmnya bisa dilihat disini

Stricken Idol

Seorang foto model seksi sedang melakukan sesi pemotretan, yah awalnya semua normal, sang model dimake-up, lalu melakukan beberapa gaya yang nantinya akan dipotret oleh seorang fotografer, pindah ke tempat lain, beda gaya dan smileeee… potret, seperti itu aja seterusnya sampai akhirnya si model diganggu oleh sesuatu, apakah itu?

filmnya bisa dilihat disini

Mysterious MeatBalls Monsters

Beberapa orang yang sedang memancing menemukan mahkluk aneh yang jumlahnya banyak, sedang berjalan di tebing dekat pantai lalu seketika kabur dengan cepat. Mereka segera mengejar ke arah dimana mahkluk ini lari, akhirnya menemukan salah-satunya. Karena penasaran, mereka mencoba menusuk-nusuknya dengan kayu, keisengan mereka pun berubah menjadi kejutan tidak menyenangkan sekaligus lucu.

filmnya bisa dilihat disini

Mysterious Woman

Sekelompok orang sedang berpesta disebuah restoran, lalu beberapa dari mereka melihat wanita yang aneh di seberang tempat mereka duduk. Lebih aneh lagi mereka melihat lagi wanita yang sama ketika sedang berada di stasiun kereta, wanita ini melambai ke arah mereka, para lelaki ini merespon dengan bercanda tapi lambaian tersebut ternyata disusul dengan kejadian yang…

filmnya bisa dilihat disini

*karena beberapa video yang tadinya ada subtitle bahasa Inggris dihapus oleh youtube, gw terpaksa ganti seadanya dan nga ada subsnya, maaf

Thanks! Silahkan baca review/artikel lainnya:

Review - A Copy of M...
Review - Iblis (2016...
Review - 3 Srikandi
Review - Dukun Linta...