MEW live at Java Rockin’land 2009

written by Rangga Adithia on August 10, 2009 in Concert Report with 16 comments

MEW

Enable to bring out the something. You want to know beneath the snow. In winter you’re an affliction. That repeatedly defeated me. Because I’ll find you somewhere. Show you how much I care. Know that there is no escape From my snow brigade… ~Snow Brigade

Totally-Amazing!!!! Luar biasa penampilan Mew di Java Rockin’land tadi malam, susah buat diungkapkan dengan kata-kata. Akhirnya mimpi gw buat liat mereka unjuk kebolehan di atas panggung terwujud. Setelah sebelumnya kandas, ketika tahun 2003 lalu, mereka membatalkan konsernya. Tapi penantian gw selama hampir 6 tahun, tidak sia-sia, karena tadi malam Mew tampil dengan performa yang luar biasa.

Gw mulai menyukai band asal negara Denmark ini, ketika mendengar lagu singel mereka dari album Frengers yang berjudul “Comforting Sounds”. Klo tidak salah, sewaktu gw masih SMA tahun 2003 lalu, dan denger pertama kali itu di radio. Video klipnya juga cukup sering diputar di MTV, selanjutnya gw makin cinta dengan band ini setelah mendengar lagu-lagu berikutnya seperti “Am I Wry? No”, “156″, “Symmetry” dari album yang gw bilang semua lagunya itu enak dan easy listening-banget yaitu Frengers.

Mew 1

Mew sudah mengeluarkan 5 album sampai saat ini, dengan album baru mereka yang tahun ini rilis yaitu “No More Stories/Are Told Today/I’m Sorry/They Washed Away//No More Stories/The World Is Grey/I’m Tired/Let’s Wash Away”. Di album terbarunya ini Jonas dan kawan-kawan, seperti di album-album sebelumnya, masih setia dengan ciri khas musik mereka yang enak didengar. Gw sendiri susah untuk mengungkapkan seperti apa sih musik mereka sampai enak didenger, yah Comforting Sound itu masih menempel di diri gw sampai sekarang.

Keunikan musik mereka yang lain dari pada yang lain itu pun sampai di Jakarta. Gw bisa mendengar mereka live secara langsung, dengan mata kepala sendiri, yang selama ini hanya mendengar berulang-ulang lewat mp3 di komputer atau hanya lihat-lihat video klip dan live mereka di youtube.

Mew 2

Konser dibuka dengan lagu dari album Frengers, “She Spider”, langsung gw  dan penonton tampak tepuk tangan setinggi-tingginya dan bersorak-sorai. Yup sekali lagi gw bilang ini adalah mimpi gw yang jadi kenyataan. Walau dibuat kaget dengan sound yang agak keras dan terdengar pecah sehingga lagu pembuka ini jadi tidak terdengar jelas suara dari sang vokalis, namun semua jadi terlupakan melihat Mew dan penontonnya sing-along “…I saved myself. For someone somewhere’s Sweet caress. Something goes wrong And all I sought was happiness…”, yang memang sesuai dengan ekspektasi gw.

Konser berlanjut dengan lagu-lagu dari album baru “No More Stories…” yaitu “Introducing Palace Players”. Gw tidak terlalu ingat susunan lagu yang mereka bawain semalem tapi ada lagu “Cartoons and Macramé Wounds” yang juga dari album baru mereka. Jujur gw masih asing denger lagu-lagu dari album yang baru ini, yang juga beberapa dimainkan di konser kali ini. Ketika masuk ke list lagu-lagu dari album “And The Glass Handed Kites”, langsung teriakan dan sorak penonton menggema di Panggung utama tempat Mew bermain. Gw sempet kaget ketika intro “White Lips Kissed” dimainkan, oh-my-god itu salah-satu lagu favorit gw di album ini, tentu saja gw ikut bernyanyi ketika “The Zookeeper’s Boy” dan “Special” dibawakan. Dengan visualisasi lampu dan video di belakang yang sepanjang konser menambah semarak dan megah konser Mew ini.

Mew 3

Gw menjadi menggila ketika lagu “Snow Brigade” dari album Frengers muncul, gw emang berharap dan menunggu lagu itu dimainkan. Yah album Frengers memang paling ditunggu sepertinya oleh sebagian penonton di Java Rockin’land malam itu. Album yang membuat gw mengagung-agungkan band ini alias suka banget.

Jonas dan kawan-kawan memang tidak terlalu banyak menyapa penonton, sesekali mereka berbasa-basi dengan penonton dengan “Halo Jakarta…” atau “How Are You Jakarta…” tapi bagusnya jadi banyak lagu yang bisa dimainkan hehehe. Gw ikut semangat melihat penonton yang begitu banyak, baru sadar malam itu klo Mew itu punya banyak banget fans. Mew pun tidak mau kalah dengan penontonnya, mereka tampil maksimal, apalagi si penggebuk drum…keren tuh gayanya. Vokal Jonas juga berhasil menyihir penonton untuk bernyanyi bersama, melambai-lambaikan tangan ke atas langit dan bersorak untuk mereka.

Ketika intro musik dari “Am I Wry? No” berdenting, suara gemuruh penonton yang jumlahnya ribuan itu langsung menyambut lagu notabennya ditunggu-tunggu ini. Bernyanyi bersama “I know you and I know it won’t take you long to make me smile…I know you and I know you’re not afraid to say the least” dan “Diamond ring. Diamond ring. But you can’t find it. Cold is the night” di bagian outro. Visualisasi apik lampu dan video yang menampilkan lirik lagu mengajak penonton untuk ber-sing-along-ria menambah meriah lagu ini. Gw sendiri gila di lagu ini.

Mew 4

“156″ juga ternyata tak disangka-sangka, juga dibawakan pada malam yang luar biasa kemarin. Penonton pun langsung bersorak lagi dan bernyanyi bersama, menambah gemerlap malam yang masih akan panjang ini di Pantai Karnaval Ancol, tempat penyelenggaraan event terbesar tahun ini, 3 hari berturut-turut Java Rockin’land 2009 digelar untuk para pecinta musik yang haus akan hiburan yang spektakuler.

Mew menutup keindahan aksi panggung dan alunan simfoni mereka dengan lagu “Comforting Sounds”. Dentingan solo gitar panjang pun akhirnya menjadi salam perpisahan Mew dengan penonton terbaik mereka. “I don’t feel alright .In spite of these comforting sounds. You make I don’t feel alright. Because you make promises. That you break Into your house. Why don’t we share our solitude?…” jadi kata-kata perpisahan. Outro yang dasyat dengan tambahan kembang api menambah sempurna konser Mew kali ini. Tepuk tangan, sorakan, dan “we want…more” tak berhenti, namun konser sudah benar-benar berakhir.

Malam kemarin benar-benar tak akan terlupakan deh, gw bisa nonton Mew, makin tak terlupakan karena itu kali pertama gw mengajak orang yang gw sayangin ke tempat konser (I Love You). Momen yang luar biasa indah dengan lagu-lagu terbaik dari band tercinta Mew. Terima kasih buat Jonas dan kawan-kawan untuk tidak takut datang ke Jakarta dan menghibur kita semua. Thanks juga untuk Java Rockin’land 2009, salut kalian bisa buat event sebesar ini, Ditunggu event selanjutnya tahun depan, semoga bisa mendatangkan Mew lagi dan band-band terbaik lainnya. :) :D

******

Mew – Comforting Sounds (Java Rockin’land 2009)

More Photo & Video
MEW live at Java Rockin’land 2009 | Last Night was Diamond Ring!!!! @ kaskus

Thanks! Silahkan baca review/artikel lainnya:

Hammersonic Festival...